Langsung ke konten utama

Random : Gak Perlu Sedih di-bully Jomblo!

Banyak yang bilang jomblo itu adalah sebuah kutukan, hal yang memalukan dan sebuah aib apabila diumbar. Orang yang tiap sabtu malem pada ngapelin pacarnya, ini si jomblo malah diem galau sendirian di kamar udah kaya autis. Orang yang pacaran kalo malem suap-suapan, ini si jomblo cuma bisa gigit sendok sambil liatin. Rasanya udah mau gantung diri aja kayaknya!! Tapi, tanpa kalian ketahui sebenernya banyak keuntungan dibalik gelar ‘single’ yang harusnya patut kita syukuri. Let’s check it out.


1.    Freedom


Yaps, satu hal yang paling menguntungkan menjadi seorang jomblo adalah kebebasan, dan kemerdekaan! Oke mungkin saat awal kita putus kita bakal ngerasa kehilangan, gundah gulana, galau tingkat dewa, dan berbagai macam perasaan pahit lainnya. Tanpa kamu sadari sebenarnya itualah “awal pintu gerbang kemerdekaan” . Mempunyai title ‘jomblo’, kita bisa bebas melakukan hal apapun tanpa harus ada batasan. Kebayang dong yang pacarnya overprotect, apa-apa harus ijin, apa-apa harus pamit, harus bilang lagi dimana sama siapa, pulang jam berapa, temennya siapa aja, gak boleh kesana, gak boleh kesini, haduh kebayang gedek banget dah!
            Nah, kalo jombo kan mau ngeceng kiri-kanan depan-belakang boleh, mau jalan sama temen-temen dari pagi nyampe malem boleh, mau smsan telfonan sama siapa aja juga ga ada yang larang. Dan yang jelas karena kita sebagai seorang muslim, kita terbebas dari dosa tentunya. Dosa dari berkhalwat dengan lawan jenis.

2.    Menjadi orang paling hemat


Ini keuntungan menjadi seorang jomblo yang kedua, kita berasa lima kali lebih hemat dari biasanya. Kenapa? Cowok biasanya repot kalo ceweknya udah rewel minta beliin ini, beliin itu, belum kalo harus nyiapin badget buat makan, buat mamingan, buat kasih surprise, buat nonton, beli pulsa buat nelfon, sms-an, dan segala biaya lainnya. Masa iya pacaran cuma modal cinta sama sayang doang? Cinta sama sayang ga bikin kenyang! Nah, masih mending kalo cowoknya udah mapan, udah punya kerjaan, kalo masih minta sama orang tua? Kalo yang anak kost? Repot sendiri kan?!
Nah, kalo jomblo istilahnya ‘hati senang walaupun tak punya uang’. Mau ada duit mau kaga, ya gak masalah,handphone mau ngebangke berbulan-bulan juga gak ada yang rewel. Justru, kalo kita punya uang lebih, kan bisa tuh buat beli barang yang udah lama diincer.  It’s so comfortable right? ;) jadi aku kasih saran aja buat cowok-cowok yang masih minta duit sama emaknya, yang masih berasa jadi anak kost kalo keabisan duit diakhir bulan, putusin aja pacarnya! (sadis gak ya -_-)

3.    Getting closer with family


Dan ini keuntungan ketiganya. Punya pacar bikin waktu kita untuk ngumpul sama keluarga makin kecil. Pas kita punya pacar, kadang kita malah lupa sama keluarga. Selalu yang dinomor satukan adalah pacar. Hari Senin jalan sama pacar, Selasa nonton bareng pacar, Rabu nganter pacar ke salon, Kamis nemenin pacar belanja, Jum’at nemenin pacar les, Sabtu mamingan sama pacar, Minggunya nge-date lagi bareng pacar. Senin depannya balik lagi ke awal, itu pun ditambah dengan point yang kedua, yaitu pemborosan. So, waktu sama keluarganya kapan?
Mending si jomblo dong, meskipun jadi ‘anak rumahan’ tapi kita bisa makin ngerasain deket sama keluarga. Seenggaknya kalo misalnya kita nganter ortu belanja, justru kita yang dapet untung. Apa yang kita pengen kebeli, tanpa harus mengeluarkan duit sepeser pun hehehe
Justru inilah waktunya kita untuk mempraktekkan ‘bakti pada orang tua’ yang diajarkan di buku PKN saat SD. Tunjukan bahwa kita ini anak yang sholeh dan sholehah, biar kita juga dapet pahala O:)

4. Semakin cinta persahabatan
            

Alone gak berarti lonely juga dong. masih banyak disekitar kita yang masih peduli dan sayang sama kita, termasuk sahabat! Saat punya status dengan seseorang, bukan hanya keluarga yang merasa jadi jauh, tapi sahabat juga. Gak jarang juga kan kita lebih milih jalan sama pacar ketimbang maen ngumpul sama sahabat. Nah, ketika kita galau putus sama pacar, siapa sih yang datang menepuk pundak buat ngasih semangat sama kita? Ya, Sahabat! Yang selalu setia menunggu kita, walaupun sering kita tinggalin siapa sih? Ya sahabat. Bareng sahabat kita bisa ketawa lepas gak perlu ada istilah ‘jaim-jaiman’ kayak bareng pacar, bareng sahabat kita bisa saling terbuka ceritain semua masalah yang kita hadapi tanpa ada istilah ‘malu’ kayak bareng pacar, bareng sahabat kita bisa tetep jalan meskipun gak megang duit sepeser pun tanpa ada istilah ‘gengsi’ kayak bareng pacar. Dan ketika kita jomblo itulah kita bisa menikmati indahnya yang namanya persahabatan. Justru kalo lagi jalan sama sahabat kan bisa tuh sambil firlting-firlting tanpa harus ada yang ngomel ngerasain namanya ‘cemburu’ segala rupa.
So, buat yang masih jomblo nyampe sekarang gak usah pake acara sedih galau segala macem, jadi jomblo gak selebay itu lah ya! Allah juga kan nakdirin kita sebagai seorang jomblo memberi banyak hikmah didalamnya. Justru mungkin saja Allah telah menyiapkan kita jodoh yang terbaik dan sempurna untuk kita. Allah gak akan salah pasangin tulangrusuk tiap umat-Nya kan. Maka untuk kita sebagai para jomblo, jangan dulu buru-buru pengen dapet pacar deh. Perbaiki diri dulu menuju lebih baik, jodoh kita kan cerminan diri kita. So, jadilah jomblo yang elegan. B-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSIKOLOGI : Gangguan Psikologi menurut Theodore Millon

Gangguan Kepribadian menurut Theodore Millon  Gangguan kepribadian adalah pola perilaku atau cara berhubungan dengan orang lain yang benar-benar kaku. Kekakuan tersebut menghalangi mereka untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan eksternal; sehingga pola tersebut pada akhirnya bersifat self-defeating . Trait-trait kepribadian yang terganggu menjadi jelas di masa remaja atau awal masa dewasa dan terus berlanjut di sepanjang kehidupan dewasa, semakin mendalam dan mengakar sehingga semakin sulit untuk diubah. Tanda-tanda peringatan akan adanya gangguan kepribadian dapat dideteksi pada masa kanak-kanak, bahkan pada perilaku bermasalah dari anak-anak prasekolah. Anak-anak dengan gangguan psikologis atau perilaku bermasalah di masa kanak-kanaknya, seperti gangguan tingkah laku, depresi, kecemasan, dan ketidakmatangan, lebih besar resikonya dibandingkan resiko rata-rata untuk mengembangkan gangguan kepribadian di kemudian hari (Berstein dkk.,1996; Kasen dkk., 2001). Gangguan kepriba

CONTOH ANGKET MINAT BAKAT DALAM PEMILIHAN JURUSAN UNTUK SMP

Hallo, Assalamu’alaikum sahabat BK… Sebagai guru Bimbingan Konseling, menerima curahan hati para siswa yang kebingungan menentukan masa depannya tentu sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi siswa yang sudah  duduk di bangku kelas IX yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Terkadang, ketika ditanya minat dan bakatnya saja mereka masih kebingungan, hal ini  tentu  saja perlu untuk diberikan bimbingan dan arahan agar mereka dapat melangkah  dan menentukan pilihan  sesuai dengan potensi yang dimilikinya.