Langsung ke konten utama

CONTOH ANGKET MINAT BAKAT DALAM PEMILIHAN JURUSAN UNTUK SMP

Hallo, Assalamu’alaikum sahabat BK…

Sebagai guru Bimbingan Konseling, menerima curahan hati para siswa yang kebingungan menentukan masa depannya tentu sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi siswa yang sudah  duduk di bangku kelas IX yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Terkadang, ketika ditanya minat dan bakatnya saja mereka masih kebingungan, hal ini tentu  saja perlu untuk diberikan bimbingan dan arahan agar mereka dapat melangkah dan menentukan pilihan  sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

 

Kali ini saya ingin membagikan contoh angket untuk membantu siswa dalam menentukan minat dan bakatnya  yang nanti dari hasil penelusurannya dapat ditarik kesimpulan dimana minat dan bakat siswa tersebut. Namun, ini juga perlu penelusuran melalui observasi dan catatan hariannya ya.

Berikut contoh angket minat bakat dalam pemilihan jurusan untuk siswa SMP: 







Sumber : Tertera di halaman pertama angket nya yaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSIKOLOGI : Gangguan Psikologi menurut Theodore Millon

Gangguan Kepribadian menurut Theodore Millon  Gangguan kepribadian adalah pola perilaku atau cara berhubungan dengan orang lain yang benar-benar kaku. Kekakuan tersebut menghalangi mereka untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan eksternal; sehingga pola tersebut pada akhirnya bersifat self-defeating . Trait-trait kepribadian yang terganggu menjadi jelas di masa remaja atau awal masa dewasa dan terus berlanjut di sepanjang kehidupan dewasa, semakin mendalam dan mengakar sehingga semakin sulit untuk diubah. Tanda-tanda peringatan akan adanya gangguan kepribadian dapat dideteksi pada masa kanak-kanak, bahkan pada perilaku bermasalah dari anak-anak prasekolah. Anak-anak dengan gangguan psikologis atau perilaku bermasalah di masa kanak-kanaknya, seperti gangguan tingkah laku, depresi, kecemasan, dan ketidakmatangan, lebih besar resikonya dibandingkan resiko rata-rata untuk mengembangkan gangguan kepribadian di kemudian hari (Berstein dkk.,1996; Kasen dkk., 2001). Gangguan kepriba